al hadits...
12:14 PM | Author: ~..N4zR4tuL SH4H!R4..~
الحديث
قال الشيخ عبد الله بن يوسف الجُديع : وفي الاصطلاحِ : ما أُضِيْفَ إلى النَّـبِيِّ صلى الله عليه وسلم مِنْ قَولٍ أو فِعْلٍ أو تَقْرِيرٍ أو صِفَةٍ
تحرير علوم الحديث ص 10.
Syaikh Abdullah ibn Yusuf al-Juda’i berkata: Menurut istilah yaitu segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi shallallahu’alaihi wasalam dari ucapan, perbuatan, ketetapan dan sifatnya.
Taharir Ulumul Hadits hal. 10
Contoh :
قول (ucapan) : إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ [sesungguhnya amalan tergantung niatnya]….
Atau sahabat berkata: Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam bersabda ….
فعل (perbuatan) : Aisyah berkata : Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam apabila hendak tidur maka beliau berwudhu dulu seperti wudhu shalat….
Atau Sahabat berkata : Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam melakukan ini dan itu …
تقرير (ketetapan/persetujuan) : Ibn Abbas berkata : dihidangkan kepada beliau daging biawak, beliau tidak memakannya karena jijik, tetapi daging itu dimakan dimeja Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam seandainya harom niscaya tidak dimakan di meja beliau.
Atau Sahabat berkata : kami melakukan ini dan itu, sementara Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam tidak melarang kami…
صفة (Sifat) : Anas berkata : Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam tingginya sedang, tidak tinggi, tidak pendek…
Atau Sahabat berkata: Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam sifatnya seperti ini dan ini….
-----------------------------
? أما علم الحديث
Definisi Menurut Ibn Jama’ah
قال الشَّيخ عز الدِّين بن جماعة: علم الحديث علم بقوانين, يُعرف بها أحوال السند والمتن .
السيوطي- تَدْريبُ الرَّاوِي في شَرْح تَقْريب النَّواوي 1/5
Syaikh Izuddin Ibn Jama’ah berkata : Ilmu hadits adalah ilmu tentang pedoman-pedoman, yang dengannya dapat diketahui keadaan sanad dan matan.
As-Sayuthi dalam Tadribur Rawi fi Syarah Taqrib Nawawi 1/5
السند
قال عبد الله بن يوسف الجُديع : السند : هو سلسلة الرواة التي حصل بها تلقِّي الخبر.
تحرير علوم الحديث ص 15.
Syaikh Abdullah ibn Yusuf al-Juda’i berkata: sanad adalah rangkaian perawi yang digunakan sebagai jalan untuk menerima berita.
Taharir Ulumul Hadits hal. 15
أحوال السند = keadaan sanad, yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan sanad.
المتن
قال عبد الله بن يوسف الجُديع : المتن : هو الكلام ( أو النَّص ) الذي انتهى إليه السند.
تحرير علوم الحديث ص 15.
Syaikh Abdullah ibn Yusuf al-Juda’i berkata: Matan yaitu perkataan (atau nash) yang padanya sanad berakhir.
Taharir Ulumul Hadits hal. 15
أحوال المتن = keadaan matan, segala sesuatu yang berkaitan dengan matan.
Kenapa disebut matan?
قال السيوطي :
وهو: ما صَلُبَ وارتفع من الأرض, لأنَّ المُسند يقويه بالسَّند ويرفعه إلى قائله
السيوطي- تَدْريبُ الرَّاوِي في شَرْح تَقْريب النَّواوي 1/5
Imam As-Sayuthi berkata :
(matan) yaitu sesuatu yang keras diatas permukaan bumi, sebab musnid menguatkannya dengan sanad dan mengangkatnya kepada orang yang mengucapkannya.
As-Sayuthi dalam Tadribur Rawi fi Syarah Taqrib Nawawi 1/5
Definisi Menurut Ibn Hajar
قال شيخ الإسلام أبو الفضل بن حجر :معرفة القواعد التي يتوصل بها إلى معرفة حال الراوي والمروي
ابن حجر العسقلاني - النُّكَت على كتاب ابن الصلاح 1/255
Berkata Syaikhul Islam Abu Fadhl Ibn Hajar : Pengetahuan tentang kaidah-kaidah yang menghantarkan kepada pengetahuan tentang rawi-rawi (periwayat) dan marwi (materi yang diriwayatkan).
Ibn Hajar, An-Nukat 1/225.
الراوي
الراوي : من يروي الحديث بسنده
د. حمزة عبد الله المليباري -عُلوم الحديث في ضوء تطبيقات المحدثين النقاد1/8
Rawi adalah orang yang meriwayatkan hadits dengan sanadnya.
Dr. Hamzah Abdullah Al-Malibari, Ulumul Hadits 1/8
Sumber :
Kitab penulis “Faidah Dari Kitab-Kitab Untuk Ilmu Hadits Yang Barokah” (Kami berdoa kepada Allah agar bisa menyelesaikannya).


from:http://rumahku-indah.blogspot.com/2009/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_193.html
|
This entry was posted on 12:14 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments:

~..wahai sahabatku..~

Kelazatan Persaudaraan

"Tidaklah dua orang saling mencintai kerana Allah, melainkan orang yang paling dicintai Allah, diantara keduanya ialah orang yang paling besar cintanya kepada saudaranya." - Ibnu Hibban dan Al-HakimSahabat...
Sesungguhnya persaudaraan kita merupakan buah dari ketinggian akhlak, dan tafarruq (perselisihan) kita merupakan akibat dari rendahnya akhlak. Akhlak yang bagus membuahkan rasa saling cinta, saling sayang, dan saling memberikan manfaat. Kerana itu, cinta melahirkan ukhuwah. Ukhuwah yang telah digambarkan secara mengharukan oleh Bilal, Amar dan Zaid, atau Umar, Ali dan Utsman, yang bersanding dan bercinta kerana Allah. Kasih sayang diantara mereka merupakan gambaran janin ukhuwah yang dikandung dalam perut taqwa, dan terlahir dari ibu yang bernama iman.InsyAllah mdh2han kta dpt mjadi shbat baik.. =)..